Apa Saja Syarat Kerja Di BUMN Lulusan SMK? Simak Penjelasan Terbaru 2023 Ini

Syarat Kerja Di BUMN Lulusan SMK

Apa Saja Syarat Kerja Di BUMN Lulusan SMK? Simak Penjelasan Terbaru 2023 Ini – Berbeda dengan pendidikan menengah lainnya, lulusan SMK dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan dunia industri. Salah satu jalur karir yang bisa ditempuh oleh lulusan SMK adalah dengan mendaftar di BUMN. Tentu dengan syarat kerja di BUMN lulusan SMK yang mungkin berbeda dengan jenjang pendidikan lainnya.

Sebagai lulusan SMK, Anda bisa mengisi beragam posisi teknis di berbagai perusahaan BUMN, misalnya operator mesin, teknisi, hingga supervisor produksi. Anda juga dapat memanfaatkan sertifikasi dan pelatihan diperoleh selama masa pendidikan untuk memperkuat kualifikasi dan meningkatkan peluang dalam seleksi.

Nah, jika Anda ingin menempuh karir di perusahaan milik negara, simak penjelasan tentang syarat kerja di BUMN lulusan SMK ini hingga tuntas!

Apakah lulusan SMK bisa kerja di BUMN?

Sebagai gambaran Pada awal Juli 2023, PT Perkebunan Nusantara XIII (PTPN XIII) membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi, termasuk Tenaga Operator Pabrik Kelapa Sawit, Quality Assurance dan Tenaga Mekanik & Reparasi.

Dalam pengumuman tersebut, lulusan SMK juga memiliki peluang untuk mendaftar, dengan syarat kerja di BUMN lulusan SMK tentunya. Lowongan tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian yang diperoleh oleh lulusan SMK dalam bidang teknik dan industri.

Sebagai sekolah menengah yang berfokus pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan praktis, SMK telah mempersiapkan siswanya untuk memasuki dunia kerja yang relevan. Oleh karena itu, lulusan SMK memiliki kompetensi dan keahlian yang dapat diterapkan dalam posisi-posisi tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa syarat kerja di BUMN lulusan SMK dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh masing-masing BUMN dapat bervariasi. Mungkin ada beberapa posisi di BUMN yang membutuhkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, seperti D3 atau S1. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda lulusan SMK untuk memperhatikan persyaratan yang tertera dalam pengumuman lowongan kerja BUMN secara detail.

Selain mencermati syarat kerja di BUMN lulusan SMK, Anda juga dapat meningkatkan peluang dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi yang relevan dengan bidang pekerjaan yang ditawarkan. Hal ini dapat membuktikan kemampuan dan kualifikasi Anda secara lebih konkret kepada.

Syarat Kerja Di BUMN Lulusan SMK

Untuk mendaftar di BUMN, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Berikut adalah rincian syarat kerja di BUMN lulusan SMK yang umumnya diperlukan saat mendaftar.

Fotokopi KTP

Dalam proses pendaftaran untuk lowongan kerja di BUMN, salah satu syarat kerja di BUMN lulusan SMK umum yang harus Anda penuhi adalah menyertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai identitas diri yang sah. Ini adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berfungsi sebagai bukti identitas dan kewarganegaraan Anda.

Fotokopi Kartu Keluarga (KK) terbaru

Selain fotocopy KTP, syarat kerja di BUMN lulusan SMK lain yang umum adalah fotokopi Kartu Keluarga (KK) terbaru. Ini adalah salah satu dokumen yang menunjukkan hubungan keluarga.

Dokumen ini biasanya diminta oleh BUMN untuk memverifikasi keabsahan informasi yang terkait. Hal ini penting untuk menjamin bahwa Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan, terutama dalam hal kualifikasi dan persyaratan keluarga yang diperlukan untuk posisi yang dilamar.

Surat Keterangan Sehat

Anda juga diwajibkan menyertakan surat keterangan sehat yang diterbitkan oleh puskesmas atau rumah sakit. Dokumen penting dalam syarat kerja di BUMN lulusan SMK karena menunjukkan bahwa Anda berada dalam kondisi kesehatan yang memadai untuk bekerja.

Beberapa posisi di BUMN juga memiliki persyaraan untuk melampirkan dokumen kesehatan lain seperti Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Surat Keterangan Bebas Buta Warna. Ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

Surat Lamaran Kerja

Syarat Kerja Di BUMN Lulusan SMK

Syarat kerja di BUMN lulusan SMK penting lain yang harus Anda penuhi adalah menyertakan surat lamaran kerja yang telah ditandatangani. Ini adalah persyaratan yang memberikan gambaran diri Anda kepada pihak perusahaan BUMN.

Syarat kerja di BUMN lulusan SMK ini berfungsi sebagai pengantar yang memberikan informasi mengenai identitas seperti nama lengkap, alamat, dan kontak Anda  kepada perusahaan.

Daftar Riwayat Hidup

CV merupakan dokumentasi lengkap mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta keterampilan dan keahlian yang Anda miliki. Syarat kerja di BUMN lulusan SMK ini memberikan gambaran lengkap tentang profil dan potensi Anda kepada pihak perusahaan BUMN.

Fotokopi SKCK

Dalam proses pendaftaran untuk lowongan kerja di BUMN, syarat kerja di BUMN lulusan SMK lain yang harus Anda penuhi adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku dan telah dilegalisir. Ini adalah dokumen yang dikeluarkan oleh kepolisian yang menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal.

Anda wajib melampirkan fotokopi SKCK yang masih berlaku. Jadi, penting bagi Anda untuk memperhatikan masa berlaku SKCK agar dokumen yang dilampirkan tetap valid dan dapat diterima oleh BUMN.

Pas Foto Berwarna

Dalam pendaftaran lowongan kerja di BUMN, Anda biasanya akan diwajibkan untuk menyertakan foto berwarna terbaru dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar. Sebagai syarat kerja di BUMN lulusan SMK, foto tersebut umumnya menggunakan latar belakang warna biru.

Ketika mengambil foto untuk syarat kerja di BUMN lulusan SMK, pastikan untuk menggunakan latar belakang yang bersih dan rata. Hindari latar belakang yang berkerut, berbayang, atau terdapat objek yang mengganggu. Tujuannya adalah agar foto Anda fokus sehingga lebih jelas dan mudah dilihat.

Fotokopi Ijazah Terakhir yang Dilegalisir

Fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir merupakan salah satu syarat kerja di BUMN lulusan SMK penting lain yang harus Anda sertakan. Ijazah merupakan bukti resmi yang menunjukkan bahwa Anda telah menyelesaikan pendidikan formal pada tingkat yang SMK.

Ijazah merupakan dokumen yang valid dan sah untuk mengkonfirmasi kualifikasi pendidikan Anda. Dalam proses seleksi BUMN, ijazah menjadi salah satu syarat kerja di BUMN lulusan SMK minimum yang harus Anda penuhi.

Dokumen Pendukung Lain

Selain fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir, ada beberapa dokumen pendukung lain yang mungkin diminta oleh BUMN sebagai syarat kerja di BUMN lulusan SMK. Beberapa dokumen tersebut seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Kartu BPJS Kesehatan.

NPWP adalah dokumen yang menunjukkan bahwa Anda telah terdaftar sebagai wajib pajak di Indonesia. NPWP seringkali diminta oleh BUMN sebagai syarat kerja di BUMN lulusan SMK untuk keperluan administrasi dan pelaporan pajak.

Selain NPWP, pelamar juga mungkin diminta untuk melampirkan fotokopi kartu BPJS Kesehatan. Melampirkan fotokopi kartu BPJS Kesehatan akan menunjukkan bahwa Anda memiliki perlindungan kesehatan yang memadai.

Dengan memenuhi persyaratan syarat kerja di BUMN lulusan SMK di atas, sebagai lulusan SMK Anda memiliki peluang untuk melamar dan bekerja di perusahaan BUMN. Satu hal yang harus Anda catat, persyaratan setiap BUMN bisa bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu memeriksa informasi terkini pada BUMN yang Anda inginkan.