Status Pegawai BUMN Adalah Sebagai? Ini Jawaban dan 2 Keuntungannya

status pegawai BUMN adalah sebagai

Status Pegawai BUMN Adalah Sebagai? Ini Jawaban dan 2 Keuntungannya – Pegawai BUMN menjadi salah satu posisi yang diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, BUMN adalah bentuk usaha yang semua atau sebagian kepemilikannya berada di tangan pemerintah atau negara. Tujuan pendirian BUMN yaitu demi mensejahterakan masyarakat Indonesia. Sayangnya masih sedikit yang tahu jawaban status pegawai BUMN adalah sebagai di Indonesia.

Sebagai informasi, terdapat dua jenis BUMN yaitu Perum dan Persero. Karena itu, banyak orang yang penasaran dengan status pegawai BUMN adalah sebagai. Mengingat, banyak orang yang berpendapat bahwa pegawai BUMN tidak termasuk PNS walaupun usahanya berada di bawah naungan pemerintah. Bagi Anda yang penasaran dengan hal tersebut bisa simak jawabannya di bawah ini.

Cari Tahu Status Pegawai BUMN Adalah Sebagai

 status pegawai BUMN adalah sebagai

Diketahui, status pegawai BUMN adalah sebagai seorang karyawan swasta dan terikat dengan kontrak. Ini berdasarkan aturan yang tertuang di Undang Undang Nomor 19 tahun 2003 yang membahas tentang BUMN. Peraturan tersebut membahas tentang semua hal yang berkaitan dengan BUMN termasuk status pegawainya sekalipun. Oleh sebab itu, semua pegawai BUMN termasuk karyawan swasta.

Menurut penjelasan tersebut, diketahui status pegawai BUMN adalah sebagai karyawan swasta dan tak masuk dalam kategori Pegawai Negeri Sipil ataupun Aparatur Sipil Negara alias ASN. Karena itulah, benar anggapan bahwa pegawai BUMN bukan seorang Pegawai Negeri Sipil. Walaupun begitu, tetap saja profesi sebagai salah satu pegawai BUMN cukup diperhitungkan oleh masyarakat Indonesia.

Meskipun status pegawai BUMN adalah sebagai karyawan swasta, para karyawan BUMN tergolong ke dalam kategori pegawai tetap. Pasalnya mereka mendapat penghasilan dalam jumlah yang ditentukan. Kontrak yang ditetapkan berdasarkan jangka waktu tertentu diperlukan untuk mendapat penghasilan secara teratur. Hal itulah yang membuat orang-orang beranggapan pegawai BUMN sebagai pekerjaan menjanjikan.

 status pegawai BUMN adalah sebagai

Walaupun status pegawai BUMN adalah sebagai karyawan swasta, objek penghasilan dari pegawai BUMN ditentukan berdasarkan penghasilan tetap seperti tunjangan dan gaji. Hak yang nantinya didapat pegawai BUMN menurut PPh pasal 21 yaitu kredit pajak untuk penerima penghasilan yang dikenakan oleh pemotong untuk tahunan pajak. Semua itu sudah ditentukan oleh peraturan di Indonesia.

Diketahui, status pegawai BUMN adalah sebagai karyawan swasta sudah mengalami beberapa kali perubahan berdasarkan undang-undang. Pada PP No. 10 tahun 1983, diketahui membahas tentang peraturan status pegawai BUMN yang disamakan seperti pegawai negeri di Indonesia. Lain halnya dengan status seorang pegawai BUMN yang tertuang dalam PP No 45 tahun 2005.

Sebab dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa status pegawai BUMN adalah sebagai karyawan BUMN dan membentuk serikat kerja sesuai ketentuan dalam perundang-undangan. Peraturan tersebut juga menyebut bahwa pegawai BUMN tak lagi tunduk terhadap ketentuan peraturan dari pegawai PNS sebelumnya. Walaupun begitu, pegawai BUMN masih berada di bawah naungan bidang ketenagakerjaan.

Keuntungan Menjadi Seorang Pegawai BUMN

 status pegawai BUMN adalah sebagai

Meskipun status pegawai BUMN adalah sebagai karyawan swasta, tetap saja bekerja di BUMN sebenarnya tak jauh berbeda dengan menjadi PNS atau ASN. Sebab sama seperti PNS dan ASN, esensi menjadi seorang pegawai BUMN adalah demi mendukung program pembangunan di Indonesia. Tetapi, ada sejumlah keuntungan yang didapat seseorang kalau bekerja menjadi pegawai BUMN seperti:

1.      Jenjang Karir

Keuntungan pertama menjadi seorang pegawai BUMN yaitu mempunyai jenjang karir yang cukup baik. Seseorang mempunyai kesempatan untuk meniti karir sampai ke atas dengan bekerja di BUMN. Ini tentu saja dengan catatan, ia harus bekerja sebaik mungkin dan mempunyai sumbangsih bagi perkembangan BUMN yang menjadi tempatnya bekerja. Kenaikan jenjang karir tersebut tentu dibarengi kenaikan gaji serta tunjangan yang didapatkan.

2.      Gaji yang Besar

Walaupun status pegawai BUMN adalah sebagai karyawan tetap, seorang pegawai BUMN mempunyai gaji yang tergolong tinggi. Rata-rata gaji staff administrasi BUMN pun mulai dari Rp 4,6 juta. Gaji tersebut bisa saja lebih tinggi sebesar 11% dari rata-rata gaji nasional.

Baca Juga: 3 Peran BUMN dan BUMD Dalam Perekonomian Indonesia

Itulah informasi seputar status pegawai BUMN adalah sebagai karyawan swasta yang menarik untuk Anda pahami. Dengan informasi tersebut, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai karyawan BUMN di Indonesia.