27 Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI

Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI

27 Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI – Bekerja di salah satu perusahaan BUMN menjadi salah satu keinginan bagi kalangan masyarakat, terutama fresh graduate. Akan tetapi, sebelum mendaftar harus mengerti beberapa daftar perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI.

Untuk daftar perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI ini sekarang banyak dicari oleh kalangan masyarakat, khususnya ingin bermain saham. Maka dari itu, untuk informasi perihal daftar perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI ini sangat penting diketahui agar tidak salah memilih.

Ada beberapa daftar perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI. Sedangkan, bagi Anda yang ingin tahu apa saja daftar perusahaan BUMN tersebut bisa simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian BUMN

Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI

Sebelum membahas mengenai perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI, maka akan lebih baik dimulai dari segi pengertian terlebih dahulu. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah salah satu badan usaha yang sebagian besar modalnya milik negara.

Maka dari itu, semua aktivitas perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI ini secara garis besar sudah diawasi oleh negara. Saat ini setidaknya ada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI sebanyak 27. Artinya, sahamnya sudah diperjualbelikan di pasar modal secara bebas.

Sebagai perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI dan dirikan oleh Negara, maka harus mempunyai tujuan di dalam mensejahterakan masyarakat. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai fungsi perusahaan BUMN, bisa simak di pembahasan selanjutnya.

Fungsi Perusahaan BUMN

Setelah paham dengan pengertian, maka dilanjutkan ke pembahasan mengenai fungsi perusahaan BUMN. Ada beberapa fungsi dari perusahaan BUMN, sebagai berikut :

1. Dapat menciptakan dan memperluas lapangan pekerjaan bagi semua warga, khususnya Indonesia.

2. Memberikan fasilitas kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan barang maupun jasa secara mudah.

3. Meningkatkan kualitas maupun kuantitas kepada pihak komoditi ekspor. Misalnya, migas dan non migas.

4. Dapat mencegah dan meminimalisir monopoli terhadap pihak swasta guna memenuhi kebutuhan jasa dan barang di pasar.

5. Meningkatkan kas negara di dalam rangka memajukan dan meningkatkan perekonomian negara.

Kelebihan Bekerja di Perusahaan BUMN

Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa bekerja di salah satu perusahaan BUMN ini menjadi keinginan bagi banyak orang. Ada beberapa kelebihan di saat Anda telah bergabung di salah satu perusahaan BUMN, sebagai berikut :

1. Gaji Bulanan yang Jumlahnya Besar

Salah satu faktor atau daya tarik ketika menjadi salah satu pegawai dari perusahaan BUMN adalah gaji yang diterima jumlahnya besar. Berdasarkan salah satu halaman internet mengatakan, bahwa gaji perbulan pegawai perusahaan BUMN dengan level staff bisa mencapai Rp8.000.000,00.

Sedangkan, bagi Anda yang masuk perusahaan BUMN dengan jalur Management Trainee (MT) ini akan menerima gaji mulai dari Rp7.000.000,00 – Rp8.000.000,00. Tentu saja untuk jumlah tersebut sangat menggiurkan bukan.

2. Jenjang Karir yang Stabil

Selain gaji yang didapatkan tinggi, untuk kelebihan bekerja di perusahaan BUMN lainnya adalah mempunyai jenjang karir. Artinya, untuk semua para pegawai dari perusahaan BUMN ini diberikan kesempatan untuk bisa meningkatkan pendapatan. Ada beberapa faktor yang bisa membantu Anda di dalam menaikkan jabatan di perusahaan BUMN, yaitu bekerja dengan baik.

3. Tunjangan dan Asuransi

Memang untuk perusahaan non BUMN juga memberikan tunjangan maupun asuransi bagi para pegawainya. Akan tetapi, di perusahaan BUMN ini mempunyai sistem tunjangan yang lebih terstruktur dan prosedur cukup baik.

Sehingga, masalah tunjangan dan asuransi ini bisa menyesuaikan dengan posisi. Ada satu hal lebih menariknya lagi, yaitu disaat pegawai perusahaan BUMN ditugaskan ke luar kota akan mendapatkan tunjangan.

4. Bonus Tahunan

Pada setiap tahunnya, untuk pegawai perusahaan BUMN ini akan mendapatkan bonus tahunan yang berbentuk insentif. Bahkan, perhitungan bonus tahunan ini berdasarkan dengan periode kerja.

Ada juga bonus THR dan bonus lainnya, seperti di saat Anda berhasil menyelesaikan sebuah proyek. Di dalam hal ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi Anda dan menjadi kelebihan perusahaan BUMN.

5. Jaminan Hari Tua

Kelebihan perusahaan BUMN berikutnya, yaitu mendapatkan jaminan di masa tua. Selain itu, jaminan di hari tua ini adalah program pensiun dengan uang tunai yang akan dibayarkan kepada pegawai sudah memasuki usia pensiun. Bahkan, bagi pegawai BUMN yang mengalami cacat total dan meninggal dunia ini juga tetap mendapatkan jaminan hari tua.

6. Fasilitas Bantuan Hukum

Fasilitas yang satu ini akan didapatkan, ketika Anda sudah mempunyai posisi sangat tinggi di salah satu perusahaan BUMN. Misalnya, sebagai anggota direksi maupun lainnya. Bantuan hukum ini juga akan diberikan kepada setiap individu yang memang dinyatakan tidak bersalah di dalam pengadilan tertentu.

7. Berkesempatan Mendapatkan Beasiswa

Kelebihan menjadi pegawai BUMN yang paling akhir, yaitu diberikan kesempatan mendapatkan beasiswa. Artinya, untuk semua pegawai BUMN akan diberikan kesempatan melanjutkan studi ke S2 atau S3.

Baca Juga: 18 Panduan Perilaku Akhlak BUMN Terlengkap Beserta Penjelasannya

Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI

Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI

Pada saat Anda sudah paham dengan pengertian dari perusahaan BUMN dan beberapa hal lainnya. Maka dari itu, Anda juga harus mengerti apa saja daftar perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI. Sebagai berikut beberapa daftar perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI :

1. Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Sektor Infrastruktur

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk – WSKT
  • PT Adhi Karya (Persero) Tbk – ADHI
  • PT Wijaya Karya Beton Tbk – WTON
  • PT PP (Persero) Tbk – PTPP
  • PT Wijaya Karya (Persero) Tbk – WIKA
  • PT PP Properti Tbk – PPRO
  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk – JSMR
  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. – TLKM

2. Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Sektor Basic Material

  • PT Waskita Beton Precast Tbk – WSBP
  • PT Aneka Tambang Tbk – ANTM
  • PT Timah Tbk – TINS
  • PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Kode Saham: KRAS
  • PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Kode Saham:  SMGR
  • PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Kode Saham:  SMBR

3. Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Sektor Keuangan

  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk – BBTN
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk – BBRI
  • PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk – BJBR
  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk – BBNI
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – BMRI
  • PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk – BEKS
  • PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk – BJTM

4. Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Sektor Energi

  • PT Elnusa Tbk – ELSA
  • PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk – PGAS
  • PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk – PTBA

5. Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Sektor Transportasi dan Logistik

  • PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk – GIAA

6.  Daftar Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI Sektor Kesehatan

  • PT Indofarma (Persero) Tbk – INAF
  • PT Kimia Farma (Persero) Tbk – KAEF

Jadi, itulah dia 27 daftar perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI di beberapa sektor klasifikasi industri. Sebenarnya masih banyak lagi perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI, akan tetapi tidak semuanya terbuka.