3 Peran BUMN dan BUMD Dalam Perekonomian Indonesia

Peran BUMN dan BUMD Dalam Perekonomian

3 Peran BUMN dan BUMD Dalam Perekonomian Indonesia – BUMN dan BUMD adalah badan usaha pemerintah yang mempunyai peranan penting bagi daerah sampai seluruh Indonesia. Tidak heran banyak sekali peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian yang sangat penting demi kemajuan bangsa. BUMN dan BUMD merupakan usaha plat merah yang berarti kepemilikannya dikuasai secara penuh oleh pemerintah. Kendati demikian, keduanya berbeda dari segi siapa yang menjadi pemiliknya.

Baik BUMD maupun BUMN sendiri didirikan dengan tujuan demi menghasilkan barang ataupun jasa untuk pemenuhan hajat hidup banyak orang. Tak hanya mengelola barang pokok masyarakat setiap hari, BUMD dan BUMN juga bergerak di industri pariwisata. Karena itulah, BUMN dan BUMD menjadi lembaga yang penting untuk menggerakkan perekonomian daerah sampai Indonesia sekalipun.

Apa Peran BUMN dan BUMD Dalam Perekonomian?

Sebelum mengetahui peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian, tidak ada salahnya Anda memahami lebih dalam tentang pengertian dua badan usaha tersebut. BUMN merupakan pelaku ekonomi yang bergerak di sistem perekonomian nasional. Tak haya BUMN, perekonomian nasional turut didukung oleh badan usaha swasta serta koperasi. Keberadaannya pun menjadi pelopor sektor usaha yang belum diminati swasta.

Tak jauh berbeda dengan BUMN, BUMD merupakan badan usaha yang menyediakan jasa dan barang demi mendapat laba. Hal yang membedakan adalah modal BUMD disokong oleh pemerintah daerah setempat secara dominan. Penghasilan yang diterima oleh BUMD termasuk salah satu unsur dalam PAD atau Pengelolaan Asli Daerah. Tak hanya itu, BUMD juga ikut berperan demi mewujudkan kemakmuran daerah setempat.

Lantas apa saja peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.

1.      Meningkatkan dan Penyeimbang Ekonomi

Peran BUMN dan BUMD Dalam Perekonomian

Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian yang pertama berkaitan dengan peningkatan ekonomi. BUMD yang merupakan kepanjangan tangan pemerintah daerah berperan penting demi meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Peran tersebut diwujudkan dengan melakukan bisnis yang nantinya memberikan keuntungan. Kontribusi BUMD dalam penggerak perekonomian daerah ini secara tak langsung membantu perekonomian nasional.

Tak jauh berbeda dengan BUMD, BUMN juga memiliki peranan penting dalam peningkatan dan penyeimbang ekonomi. Namun skala BUMN tergolong lebih luas karena mencakup satu negara Indonesia. Melalui BUMN, pemerintah turut mengatur jalannya ekonomi secara langsung yang dapat menciptakan kestabilan ekonomi.

2.      Membuka Lapangan Pekerjaan

Peran BUMN dan BUMD Dalam Perekonomian

Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian berikutnya mencakup lapangan pekerjaan. Seperti perusahaan lain, BUMD pun memerlukan pekerja agar bisa menjalankan roda perekonomian daerah. Dalam hal tersebut, BUMD berperan sebagai pihak penyedia lapangan pekerjaan sehingga dapat menyerap lebih banyak pekerja yang ada di daerah. Faktanya, keberadaan BUMD kini membantu mengurangi pengangguran di sebuah daerah.

Sama seperti BUMD, BUMN juga berperan untuk membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Sampai sekarang, BUMN berhasil menciptakan lapangan kerja untuk jutaan orang. Adapun BUMN sendiri berjumlah hingga ratusan perusahaan kalau menghitung anak dan cucu perusahaan. Bukan itu saja, dengan operasi BUMN di banyak daerah, maka ikut menggerakan sektor lain sehingga dapat menciptakan negara kerja secara tidak langsung.

3.      Sumber Pendapatan

Peran BUMN dan BUMD Dalam Perekonomian

Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian yang tak kalah penting lainnya adalah sebagai sumber pendapatan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, laba yang didapatkan BUMD akan dimasukkan sebagai PAD. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya BUMD dikelola secara inovatif dan profesional. Dengan begitu, BUMD bisa memberikan banyak kontribusi untuk pendapatan daerah.

BUMN pun juga didirikan demi mengejar keuntungan. Ini karena semua laba atau keuntungan yang dihasilkan BUMN langsung masuk ke dalam kas negara. Nantinya kas negara digunakan demi pembangunan. Tak hanya menyetor keuntungannya secara langsung melalui dividen, BUMN turut berkontribusi para APBN lewat pembayaran pajak. Karena itulah, peranan BUMN untuk perekonomian negara sangatlah krusial.

Baca Juga: 3 Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir, Ini Nama-Namanya

Itulah beberapa peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian yang ternyata sangat penting untuk daerah sampai negara Indonesia sekalipun. Karena itu, diharapkan BUMN dan BUMD di Indonesia bisa terus maju demi kesejahteraan masyarakat luas. Dengan begitu, diharapkan BUMD dan BUMN mampu melakukan peranannya semaksimal mungkin di tempat berdirinya.