3 Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir, Ini Nama-Namanya

Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir

3 Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir, Ini Nama-Namanya – Siapa yang tidak kenal dengan sosok Erick Thohir, menteri BUMN sekaligus ketua umum PSSI ini memang selalu menarik perhatian banyak orang. Masyarakat Indonesia pun menganggapnya sebagai seseorang yang berpengaruh dalam banyak hal dan kerap membantu orang lain. Bagi Anda yang mengenalnya, tentu penasaran siapa-siapa saja menteri BUMN sebelum Erick Thohir di Indonesia?

Tentu saja ada beberapa menteri BUMN sebelum Erick Thohir yang resmi ditunjuk oleh presiden agar menjalankan tugasnya dengan baik sebagai menteri BUMN. Sayangnya masyarakat Indonesia masih kurang mengenal siapa-siapa saja menteri yang menjabat BUMN sebelum Erick Thohir. Bagi Anda yang penasaran dengan hal tersebut bisa simak informasinya di bawah ini.

Siapa Saja Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir?

Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir

Sebagai informasi, BUMN alias Badan Usaha Milik Negara merupakan kepala Kementerian BUMN Indonesia. Sejak tanggal 23 Oktober 2019 lalu, orang yang menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara adalah Bapak Erick Thohir. Kiprahnya kerap kali disorot media dan menjadi perbincangan hangat orang-orang. Karena itu, banyak yang penasaran dengan siapa saja menteri BUMN sebelum Erick Thohir.

Mengingat menteri BUMN sebelum Erick Thohir juga mempunyai peranan penting demi memajukan BUMN yang ada di Indonesia. Tetapi beberapa orang menilai kiprah menteri BUMN sebelum seorang Erick Thohir kurang dinilai luas oleh masyarakat Indonesia. Walaupun begitu, mereka tetap berjasa dan menjalankan tugasnya dengan baik sebagai menteri BUMN. Siapa saja menteri BUMN sebelum Erick Thohir? Berikut daftar lengkapnya.

1.      Rini Soemarno

Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir

Rini Soemarno menjadi menteri BUMN sebelum Erick Thohir yang menjabat sejak tanggal 27 Oktober 2014 sampai 20 Oktober 2019. Ia ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo secara langsung. Rini Soemarno diketahui seorang sarjana Ekonomi lulusan 1981 di Amerika Serikat. Ia termasuk salah satu menteri yang diangkat dari jajaran profesional.

Sebelum menjadi menteri BUMN, Rini Soemarno pernah menjabat posisi sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan di tahun 2001 sampai 2004 dalam Kabinet Gotong Royong. Ketika ia menjadi menteri BUMN sebelum Erick Thohir, Rini Soemarno dikenal sebagai pencetus pembangunan kereta cepat yang ada di Indonesia. Diketahui, Rini Soemarno menjabat sebagai menteri BUMN tanpa partai politik alias independen.

2.      Dahlan Iskan

Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir

Jika berbicara tentang menteri BUMN sebelum Erick Thohir, maka Dahlan Iskan adalah jawabannya. Dahlan Iskan juga termasuk salah satu menteri BUMN yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Dahlan Iskan adalah mantan CEO dari surat kabar Jawa Pos serta Jawa Pos Group yang berada di Surabaya. Posisinya itu kemudian digantikan oleh Azrul Ananda selaku putranya.

Salah satu menteri BUMN sebelum Erick Thohir satu ini juga merupakan Direktur Utama PLN sejak tanggal 23 Desember 2009 lalu. Tepat tanggal 19 Oktober 2011, Dahlan Iskan pun diangkat menjadi seorang Menteri BUMN dan menggantikan Mustafa Abubakar. Saat menjabat sebagai Menteri BUMN di Indonesia, negara ini dipimpin oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

3.      Mustafa Abubakar

Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir

Nama menteri BUMN sebelum Erick Thohir berikutnya ada Mustafa Abubakar. Ia adalah mantan Menteri BUMN di cabinet Bersatu dalam periode 2009 sampai 2014 lalu. Mustafa Abubakar lahir di Pidie, NAD tepat tanggal 15 Oktober tahun 1949 lalu. Diketahui, Mustafa Abubakar menyelesaikan pendidikan Sarjana perikanan di tahun 1977 silam lewat Institut Pertanian Bogor. Kemudian ia melanjutkan pendidikan Doktor di Fakultas Pertanian IPB.

Saat kuliah, menteri BUMN sebelum Erick Thohir satu ini juga mendapat penghargaan sebagai seorang mahasiswa teladan nasional di tahun 1973 silam. Sejatinya, Mustafa Abubakar sejak kecil sudah mempunyai darah kepemimpinan yang tercermin dari kepandaiannya dalam pidato.

Hal itu terbukti saat ia menjabat sebagai Dirut Perum Bulog sejak tahun 2007 sampai 2009. Ia juga berhasil membuat bulog sebagai lembaga yang berjasa besar membuat Indonesia berswasembada beras.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Link Rekrutmen Bersama BUMN Tidak Bisa Dibuka

Itulah nama-nama menteri BUMN sebelum Erick Thohir yang juga berjasa demi memajukan Indonesia tercinta. Semoga saja, menteri BUMN selalu berkiprah bagus demi mensejahterakan dunia perekonomian di Indonesia dan memajukan masyarakat di berbagai daerah.