Kepanjangan Akhlak BUMN dan 6 Bentuk Penerapannya

Kepanjangan Akhlak BUMN

Kepanjangan Akhlak BUMN dan 6 Bentuk Penerapannya – Dalam BUMN, terdapat beberapa istilah yang perlu dipahami oleh pegawai dan calon pelamar badan tersebut. Salah satunya yaitu AKHLAK BUMN. Bagi Anda yang berminat menjadi salah satu pendaftar kerja di BUMN, maka perlu mengetahui kepanjangan akhlak BUMN. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mengimplementasikan apa saja yang termasuk akhlak saat bekerja di BUMN kelak.

Sebagai informasi, kepanjangan akhlak BUMN merujuk kepada core values atau nilai-nilai utama yang ada di lingkungan BUMN. Kalau ingin bekerja di BUMN atau baru memulai karir di perusahaan tersebut, Anda harus memahaminya supaya tidak salah dalam penerapannya. Motivasi lainnya yaitu AKHLAK juga termasuk dalam salah satu serangkaian tes rekrutmen BUMN di Indonesia.

Apa Kepanjangan Akhlak BUMN?

Kepanjangan Akhlak BUMN

Perlu Anda ketahui, akhlak BUMN bisa dibilang sebagai nilai utama dan dipegang teguh oleh seluruh SDM BUMN. Adapun kepanjangan akhlak BUMN adalah Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, serta Kolaboratif. Penetapan core values atau nilai-nilai utama BUMN tersebut dibuat dengan tujuan demi mewujudkan peran BUMN di Indonesia. Ternyata istilah Akhlak BUMN bukan sekedar singkatan saja.

Pasalnya nilai utama tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Menteri BUMN. Dengan adanya nilai tersebut, diharapkan seluruh SDM dalam lingkungan kerja BUMN bisa mengetahui, mengimplementasikan, dan menginternalisasikan AKHLAk di dalam kesehariannya. Karena itu, kepanjangan akhlak BUMN tidak hanya berlaku bagi pegawai, melainkan untuk semua SDM BUMN dimulai dari direksi, anak perusahaan, dan lainnya.

Baca Juga: 18 Panduan Perilaku Akhlak BUMN Terlengkap Beserta Penjelasannya

6 Penerapan AKHLAK BUMN

Kepanjangan Akhlak BUMN

Berdasarkan kepanjangan akhlak BUMN di atas, mungkin Anda sudah memahaminya secara garis besar. Agar lebih jelas lagi, berikut ini ada beberapa contoh penerapan core values BUMN yang perlu diperhatikan:

1. Amanah

Kepanjangan akhlak BUMN pertama adalah amanah yang pada dasarnya memiliki arti dapat dipercaya. Ketika seseorang diberikan kepercayaan untuk mengemban tanggung jawab namun berperilaku seenaknya, maka ia tidak amanah. Jangan sampai Anda termasuk dalam orang yang tidak amanah saat diberikan tanggung jawab.

Ada beberapa penerapan nilai amanah dalam lingkungan kerja yaitu berpegang teguh terhadap nilai etika dan moral, memenuhi janji yang sudah disepakati, dan bertanggung jawab terhadap tindakan, tugas, dan keputusan yang dilakukan.

2. Kompeten

Berikutnya dalam kepanjangan akhlak BUMN yaitu Kompeten yang mengartikan Anda tak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun saat bekerja. Kendati demikian, ini tentang bagaimana Anda memupuk semangat serta keinginan untuk selalu belajar dalam meningkatkan kemampuan diri sendiri.

Umumnya seseorang cenderung bersikap sombong jika sudah memiliki kemampuan teknis mumpuni dan tak mau terus belajar. Dia merasa bahwa kemampuan yang dimiliki saat ini sudah cukup atau sudah di atas rata-rata. Agar tidak bersikap seperti itu, ada beberapa contoh yang bisa diterapkan yakni menyelesaikan tugas, membantu orang lain, dan masih banyak lagi.

3. Harmonis

Kepanjangan Akhlak BUMN

Harmonis menjadi istilah dalam kepanjangan akhlak BUMN berikutnya yang juga menekankan kepada kualitas tim. Keharmonisan di dalam tim merupakan bagian penting dan berpengaruh terhadap kesuksesan bersama. Ketika berbicara tentang keharmonisan, Anda bisa melihat contohnya langsung pada keragaman bangsa Indonesia yang hidup berdampingan walaupun terdiri dari bermacam agama, ras, dan budaya berbeda-beda.

4. Loyal

Kepanjangan akhlak BUMN selanjutnya yaitu Logal. Setiap organisasi tentunya menjadi orang yang tak hanya kompeten, namun bersedia juga untuk loyak dan berkontribusi dalam menciptakan dampak positif bersama-sama. Menjadi bagian dari BUMN, Anda dituntut mempunyai dedikasi tinggi dan senantiasa mengutamakan kepentingan bersama.

5. Adaptif

Selanjutnya dalam kepanjangan akhlak BUMN adalah adaptif  yang juga termasuk dalam core values BUMN. Mengingat bidang pemerintahan termasuk BUMN cukup dinamis dan begitu terbuka untuk inovasi yang baru.

6. Kolaboratif

Nilai terakhir yang termasuk dalam kepanjangan akhlak BUMN yaitu Kolaboratif dan tak selalu menghasilkan output baik kalau tak dibangun secara selaras dan sinergis. Hal ini berbeda dengan nilai harmonis yang juga terdapat dalam AKHLAK BUMN.

Itulah informasi tentang kepanjangan akhlak BUMN yang perlu diterapkan oleh seluruh SDM di BUMN. Dengan informasi tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam menerapkan AKHLAK BUMN.