Kelemahan Dari BUMN Adalah? Simak Penjelasan Dibawah Ini

kelemahan dari bumn adalah

Kelemahan Dari BUMN Adalah? Simak Penjelasan Dibawah Ini – Setelah menyelesaikan pendidikan, maka tiba saatnya untuk masuk di dalam dunia kerja. Salah satu pilihan atau opsi karis yang harus dipertimbangkan adalah bekerja di salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau dikenal dengan BUMN.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah salah satu perusahaan milik pemerintah yang beroperasi di dalam berbagai sektor ekonomi. Selain itu, keistimewaan menjadi salah satu pegawai perusahaan BUMN adalah tidak dapat diremehkan.

Akan tetapi, ada baiknya untuk mengetahui beberapa kelemahan BUMN. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan jawaban dari pertanyaan kelemahan dari BUMN adalah maka bisa simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian BUMN

kelemahan dari bumn adalah

Sebelum membahas jawaban dari pertanyaan kelemahan dari BUMN adalah, maka akan lebih baik dimulai dari segi pengertian terlebih dahulu. BUMN merupakan salah satu badan usaha yang sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh Negara.

Bahkan, untuk BUMN ini juga bisa berbentuk perusahaan nirlaba yang tujuannya untuk menyediakan barang maupun jasa. Namun, satu hal perlu diketahui bahwa perusahaan BUMN ini tidak sepenuhnya dikuasai oleh negara.

Ciri-Ciri BUMN

Setelah paham mengenai pengertian BUMN dan sebelum membahas jawaban dari pertanyaan kelemahan dari BUMN adalah, maka ada beberapa ciri-ciri yang harus dipahami. Sebagai berikut beberapa ciri perusahaan BUMN :

1. Kekuasaan Penuh Oleh Pemerintah

Ciri-ciri perusahaan BUMN yang pertama, yaitu kekuasaan penuh berada ditangan Pemerintah. Dengan perihal tersebut, maka juga bisa menjadi salah satu kelemahan dari BUMN adalah semua aktivitas dan kegiatan sudah diatur oleh pihak Pemerintah. Selain itu, untuk tujuan dari kekuasaan ini adalah untuk menjaga kestabilan dan mencegah terjadinya penyelewengan dari pihak tidak bertanggung jawab.

2. Sumber Pemasukan Negara

BUMN merupakan salah satu sumber pemasukan negara yang paling besar. Namun, dengan perihal tersebut juga menjadi salah satu kelemahan dari BUMN adalah banyak pegawai yang korupsi.

Tidak perlu heran lagi, di sata adanya BUMN untuk Negara Indonesia masih bisa menjalankan semua aktivitas perekonomiannya. Hal tersebut bisa terjadi,karena keuntungan perusahaan BUMN ini masuk di dalam kas Negara.

3. Semua Resiko Ditanggung Pemerintah

Meski semua resiko ditanggung oleh pemerintah, akan tetapi untuk kelemahan dari BUMN adalah pegawai harus sesuai dengan peraturan yang sudah tersedia. Bahkan, untuk masalah bagaimana jalannya perusahaan BUMN ini juga sudah ditentukan dan diatur oleh Pemerintah.

4. Produk yang Dibutuhkan Oleh Masyarakat

Dengan tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka tidak heran di saat semua produk yang dihasilkan ini juga harus bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Perihal ciri-ciri ini juga bisa saja menjadi kelemahan dari BUMN adalah harus selalu memikirkan bagaimana caranya agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Baca Juga: 10 Gaji Pegawai BUMN Lulusan SMA dan Penjelasannya!

kelemahan dari bumn adalah

Kelemahan dari BUMN adalah

Meski ada beberapa kelebihan pada saat bekerja di BUMN. Akan tetapi, Anda juga harus paham dengan kelemahan di saat bergabung menjadi salah satu perusahaan BUMN sebagai berikut :

1. Mutasi ke Luar Kota

Salah satu kelemahan dari BUMN adalah kemungkinan besar adanya mutasi ke luar kota. Mungkin sebagian orang perihal kelemahan kali ini bisa menjadi salah satu tantangan paling besar, karena harus meninggalkan keluarga dan lingkungan sudah akrab.

Bahkan, dengan adanya mutasi ini mengharuskan Anda melakukan adaptasi dengan lingkungan baru. Seperti yang diketahui, bahwa untuk melakukan adaptasi dengan lingkungan baru ini membutuhkan waktu tidak sebentar atau lama.

2. Pegawainya Beda Generasi

Kelemahan dari BUMN adalah semua pegawainya beda generasi. Artinya, di setiap perusahaan BUMN ini ada pegawai yang sudah senior maupun junior. Dengan perihal tersebut, maka bisa menciptakan kesenjangan komunikasi dan pemahaman sangat amat signifikan. Mungkin untuk generasi mudah masih mempunyai ide inovatif, akan tetapi sulit disampaikan dengan atasan atau lebih tua.

3. Senioritas

Untuk kelemahan dari BUMN adalah perihal senioritas. Bahkan, untuk kelemahan kali ini masih sangat kuat di dalam struktur organisasi atau perusahaan BUMN. Artinya, promosi karir ini lebih didasarkan dengan lamanya masa kerja daripada prestasi atau kemampuan pada seseorang secara objektif. Bagi fresh graduate yang ingin cepat meraih kesuksesan, maka perihal tersebut menjadi satu kendala.

4. Sulit Beradaptasi dengan Teknologi

Di dalam lingkungan perusahaan BUMN, maka sering sekali ditemui para pegawai yang masih menggunakan cara lama. Bahkan, enggan untuk belajar atau mengikuti perkembangan baru.

Sehingga, kelemahan dari BUMN adalah sulit beradaptasi dengan teknologi. Bahkan, dengan kelemahan tersebut bisa menyebabkan keterbatasan di dalam produktivitas dan efisiensi kinerja.

Para pegawai BUMN juga akan merasa kesulitan di dalam menggunakan sistem informasi terbaru atau perangkat lunak modern yang bisa membantu meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, dengan keterbatasan tersebut bisa membuat para pegawai BUMN merasa tertinggal dari persaingan di era digital seperti sekarang.

5. Pengambilan Keputusan yang Serba Lambat

Di dalam suatu perusahaan, mengambil suatu keputusan yang cepat dan efektif ini sangat penting. Namun, kelemahan dari BUMN adalah mengambil keputusan yang semuanya serba lambat.

Tujuan dari pengambilan keputusan yang cepat, yaitu agar tetap bisa bersaing dengan para pesaingnya. Akan tetapi, hal ini bukan sesuatu yang mudah dilakukan pada lingkungan perusahaan BUMN.

Proses pengambilan yang serba lambat ini bisa menjadi salah satu kelemahan dari pegawai BUMn, khususnya para Fresh Graduate. Bahkan, untuk semua visi dan misi untuk memajukan perusahaan ini bisa terhambat.

6. Rawan Korupsi

Untuk kelemahan dari BUMN adalah sangat rawan sekali dengan korupsi. Meski di setiap individu mempunyai integritas dan nilai moral masing-masing, akan tetapi faktor lingkungan kerja ini bisa memberikan perubahan terhadap perilaku seseorang.

Bahkan, ada juga beberapa faktor dari kelemahan dari BUMN adalah tekanan dari atasan maupun budaya organisasi tidak mendukung transparansi. Maka dari itu, dengan hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya praktis korupsi pada perusahaan BUMN.

Namun, demikian sangat penting bagi Anda untuk sadar bahwa tidak semua pegawai maupun pejabat BUMN ini terlibat di dalam masalah korupsi. Masih banyak juga orang-orang yang jujur dengan integritas tinggi di beberapa lembaga BUMN.

kelemahan dari bumn adalah

7. Waktu Bekerja Tidak Fleksibel

Di dalam lingkungan kerja BUMN, untuk jam kerja cenderung tetap dan kaku dengan aturan masuk dan pulang. Artinya, kelemahan dari BUMN adalah mempunyai jam waktu bekerja yang tidak fleksibel.

Perihal dari kelemahan ini bisa menjadi satu tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin bebas di dalam mengatur jam kerja. Terkadang ada situasi darurat maupun kebutuhan pribadi lainnya yang harus dihadapi oleh para pekerja.

Sayangnya, di dalam perusahaan BUMN ini sangat sulit untuk mendapatkan izin. Bahkan, untuk meninggalkan kantor lebih awal saja belum tentu langsung mendapatkan izin dari pihak atasan.

Ada satu kelemahan dari BUMN adalah selalu merugi, meski sudah diberikan suntikan modal oleh pemerintah. Perihal dari kelemahan ini terus terjadi, karena belum ada perbaikan dari sisi manajemen.

Maka dari itu, untuk kelemahan dari BUMN adalah selalu memberikan beban pada keuangan. Bahkan, beberapa masalah kelemahan dari BUMN adalah beban negara yang harus diselesaikan oleh para pegawai agar tetap bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai jawaban dari pertanyaan kelemahan dari BUMN adalah. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas mengenai jawaban pertanyaan tersebut bisa membantu Anda yang ingin melanjutkan karir di salah satu perusahaan BUMN.