Berapa Perkiraan Gaji Teknik Sipil BUMN Terbaru 2023? Simak Ini

Gaji Teknik Sipil BUMN

Berapa Perkiraan Gaji Teknik Sipil BUMN Terbaru 2023? Simak Ini – Bekerja di BUMN menjadi impian banyak orang, tak terkecuali bagi para lulusan teknik sipil. Selain menawarkan jenjang karir yang menjanjikan, gaji teknik sipil BUMN yang dinilai besar menjadi daya tarik utama.

Meskipun gaji teknik sipil BUMN menarik, menjadi karyawan BUMN bukanlah sebuah hal yang mudah. Persaingan dan tahapan seleksi yang ketat menjadi tantangan bagi para pelamar. Selain memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis yang kuat, para calon karyawan BUMN juga harus memiliki sikap profesional, integritas tinggi, serta kemampuan untuk bekerja dalam tim.

Apakah Teknik Sipil Bisa Kerja di BUMN?

Gaji Teknik Sipil BUMN

Teknik sipil adalah salah satu bidang yang memiliki prospek karir yang menjanjikan di Indonesia. Banyak lulusan teknik sipil yang ingin bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karena dianggap sebagai tempat kerja yang menjanjikan karena gaji teknik sipil BUMN dinilai cukup besar.

BUMN merupakan perusahaan yang dimiliki oleh negara dan beroperasi di berbagai sektor, termasuk konstruksi dan infrastruktur. Oleh karena itu, lulusan teknik sipil memiliki peran yang penting dalam proyek-proyek yang dilakukan oleh BUMN.

Banyak BUMN yang memiliki divisi atau unit khusus yang menangani proyek-proyek konstruksi, jalan tol, jembatan, bendungan, dan lain sebagainya yang menawarkan gaji teknik sipil BUMN yang cukup menggiurkan. Dalam unit-unit tersebut, tenaga ahli lulusan teknik sipil sangat dibutuhkan untuk merencanakan, merancang, dan mengawasi pelaksanaan proyek-proyek tersebut dengan..

Berapa Gaji Teknik Sipil BUMN?

Gaji Teknik Sipil BUMN

Gaji merupakan salah satu faktor penting yang dipertimbangkan ketika memilih karir. Bagi lulusan teknik sipil yang tertarik bekerja di BUMN, tentu saja pertanyaan yang muncul adalah berapa gaji yang akan diterima. Gaji teknik sipil BUMN  bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jabatan, pengalaman kerja, tingkat pendidikan, dan lokasi kerja.

Berikut ini adalah rincian gaji beberapa posisi di PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Amarta Karya (Persero), dan PT Brantas Abipraya (Persero):

Perkiraan Gaji Teknik Sipil BUMN PT Adhi Karya Tbk (ADHI):

Berdasarkan datadari beberapa sumber, besaran gaji teknik sipil BUMN  di PT Adhi Karya sangat variatif bergantung masing-masing posisi. Posisi seperti Project Engineering Manager, Welding Inspector, dan Staf Teknik Proyek memiliki gaji yang lebih tinggi, mencapai sekitar Rp 9,5 Juta hingga Rp 12 Juta.

Sedangkan posisi-posisi seperti Safety and Warehouse Head, Safety Staff, General Affair, dan Construction Supervisor memiliki gaji yang cukup lumayan di kisaran Rp 9 Juta hingga Rp 9,5 Juta. Sementara itu untuk posisi seperti Quantity Surveyor, Architect, Planning, Senior Quantity Surveyor, dan Engineering memiliki gaji teknik sipil BUMN  yang relatif lebih rendah, berkisar antara Rp 6 Juta hingga Rp 7 Juta.

Hal ini menunjukkan bahwa gaji teknik sipil BUMN  PT Adhi Karya dapat bervariasi tergantung pada tanggung jawab dan tingkat pengalaman dalam bidang tersebut.

Perkiraan Gaji Teknik Sipil BUMN PT Amarta Karya (Persero):

Hampir serupa denga PT Adhi Karya,  gaji teknik sipil BUMN  di PT Amarta Karya (Persero) juga bergantung pada posisinya. Misalnya posisi Engineering memiliki gaji sebesar Rp 5,2 Juta, sementara Team Leader Engineering memiliki gaji yang lebih tinggi, mencapai Rp 8,5 Juta.

Untuk posisi Staff Lapangan/Pelaksana/Operator, gaji yang diberikan sekitar Rp 4,5 Juta. Perbedaan  gaji teknik sipil BUMN  ini juga mencerminkan tingkat tanggung jawab dan pengalaman yang berbeda-beda dalam masing-masing posisi.

Perkiraan Gaji Teknik Sipil BUMN PT Brantas Abipraya (Persero):

Tak berbeda dengan  gaji teknik sipil BUMN  di atas, di PT Brantas Abipraya (Persero) juga terdapat variasi gaji untuk masing-masing posisi. Untuk posisi Architect dan Drilling Supervisor, gaji yang ditawarkan mencapai Rp 55,5 Juta. Posisi Building dan Senior Business Analyst memiliki gaji sebesar Rp 30,2 Juta.

Sementara itu, posisi Reservoir Engineer memiliki gaji sekitar Rp 24,2 Juta. Untuk posisi Inspection Engineer, Instrument Engineer, dan Rotating Engineer, gaji yang ditawarkan adalah sekitar Rp 14,2 Juta hingga Rp 17 Juta.

Sedangkan untuk posisi Penambang Minyak, gaji yang diberikan mencapai Rp 18,5 Juta. Jumlah gaji teknik sipil BUMN yang tertera di atas adalah perkiraan dan bisa berbeda tergantung pada pengalaman kerja, posisi, tingkat jabatan, dan perusahaan.

Tips Lolos Seleksi BUMN Untuk Lulusan Teknik Sipil

Gaji Teknik Sipil BUMN

Bekerja di BUMN menawarkan berbagai keuntungan termasuk gaji teknik sipil BUMN yang cukup menarik. Karenanya, persaingan untuk mendapatkan posisi di BUMN sangatlah ketat. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk meningkatkan peluang diterima di BUMN. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan tersebut.

Perkuat Pengetahuan Teknik Sipil

Sebagai lulusan teknik sipil, pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang konsep dan prinsip-prinsip teknik sipil sangatlah penting. Pastikan untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang struktur bangunan, konstruksi, desain jalan, manajemen proyek, dan perencanaan. Ini adalah salah satu kunci untuk lulus seleksi dan menerima gaji teknik sipil BUMN.

Tingkatkan Keahlian Teknis

Selain pengetahuan dasar, memiliki keahlian teknis tambahan adalah hal yang kalah penting. Pelajari dan kuasai perangkat lunak yang berkaitan dengan teknik sipil seperti AutoCAD, SAP2000, ETABS, dan software lainnya yang umum digunakan dalam industri ini. Sertifikasi tambahan dalam bidang tertentu juga dapat memberikan keunggulan bagi Anda untuk mendapatkan gaji teknik sipil BUMN .

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Untuk bisa meniti karir dengan baik dan mendapatkan gaji teknik sipil BUMN, lulusan teknik sipil juga harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Ini adalah nilai tambah yang harus Anda kuasai karena banyak BUMN memiliki hubungan bisnis internasional.

Cari Pengalaman Sebanyak-Banyaknya

Pengalaman kerja dalam industri konstruksi atau teknik sipil akan memberikan Anda keuntungan yang besar dalam proses seleksi. Cobalah untuk mendapatkan pengalaman kerja yang relevan atau mendaftar untuk magang di perusahaan-perusahaan terkait. Ini akan memberikan Anda wawasan bagaimana bekerja di lapangan dan membantu Anda mengembangkan keterampilan yang diperlukan.

Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Setiap BUMN memiliki proses seleksi dan gaji teknik sipil BUMN yang berbeda. Mencari informasi tentang proses seleksi BUMN yang Anda minati berguna untuk mempersiapkan diri Anda secara lebih baik.

Tingkatkan Soft Skills Anda

Selain keahlian teknis, soft skills juga penting dalam dunia kerja. Tingkatkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, pemecahan masalah, dan kemampuan presentasi. Gaji teknik sipil BUMN  memang besar, namun mereka sering mencari kandidat yang memiliki keterampilan ini untuk mendukung pengembangan perusahaan mereka.

Secara keseluruhan, lulusan teknik sipil dapat bekerja di BUMN dan memiliki prospek karir yang menjanjikan. Gaji teknik sipil BUMN termasuk dalam kategori yang kompetitif. Memilih untuk bekerja di BUMN atau sektor lainnya merupakan keputusan pribadi yang harus dipertimbangkan dengan matang dengan memperhatikan minat, tujuan karir, dan potensi pengembangan karir.