Kisaran Gaji dan Tunjangan Pegawai BUMN yang Menjanjikan

Gaji dan Tunjangan Pegawai BUMN

Kisaran Gaji dan Tunjangan Pegawai BUMN yang Menjanjikan – Menjadi salah satu karyawan BUMN kerap kali dianggap sebagai jalur karir yang sangat diidamkan banyak orang. Memang sektor BUMN menawarkan berbagai peluang kerja serta paket remunerasi yang menarik. Selain itu, BUMN juga bisa membantu karyawan mencapai stabilitas keuangan serta pertumbuhan karir. Namun tahukah Anda berapa kisaran gaji dan tunjangan pegawai BUMN?

Pasalnya tidak sedikit orang yang mengira bahwa gaji dan tunjangan karyawan BUMN begitu tinggi. Persepsi seperti ini muncul lantaran bekerja di BUMN dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang bergengsi. Bahkan tidak sedikit anak muda di Indonesia yang berminat menjadi salah satu bagian dari perusahaan milik negara tersebut. Alasan itulah yang menjadikan BUMN sebagai pekerjaan populer dan banyak diminati.

Berapa Gaji dan Tunjangan Pegawai BUMN?

Badan Usaha Milik Negara menjadi pekerjaan yang populer sekaligus banyak diminati lantaran gaji dan tunjangan pegawai BUMN yang disebut-sebut menjanjikan. Selain itu, banyak yang menyebut fasilitas yang diterima oleh pegawai BUMN kabarnya sangat memadai. Menariknya lagi, pegawai BUMN juga bisa dilamar oleh fresh graduate. Sebelum membahas tentang gaji serta tunjangan karyawan BUMN, sudahkah Anda memahami perusahaan BUMN tersebut?

Sebagai informasi, BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah sebuah badan usaha yang semua atau sebagian besar modalnya dimiliki secara resmi oleh pemerintah. Bisa dibilang, BUMN adalah salah satu pelaku dari aktivitas ekonomi yang krusial dalam bidang perekonomian nasional. Sebab pada dasarnya, BUMN didirikan karena memenuhi kebutuhan masyarakat serta mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Hal itulah yang membuat BUMN menjadi bidang pekerjaan terbaik dan idaman orang-orang. Lantas berapa gaji dan tunjangan pegawai BUMN? Berikut ada informasi lengkap besaran gaji dan tunjangan karyawan BUMN berdasarkan perusahaan-perusahaan BUMN yang ada di Indonesia.

1.      PT Bank Mandiri Persero Tbk

Gaji dan Tunjangan Pegawai BUMN

Perlu Anda ketahui, gaji dan tunjangan pegawai BUMN PT Bank Mandiri Persero Tbk besarannya berbeda-beda untuk setiap karyawan dengan tingkatan jabatan berbeda juga. Adapun besaran gaji di Bank Mandiri mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 74 juta per satu bulannya. Nominal gaji BUMN terendah untuk posisi frontliner PT Bank Mandiri Persero Tbk yakni Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

Sementara itu, posisi Management Training atau MT dan Officer Development Program mempunyai gaji Rp 6 juta per satu bulannya. Sedangkan untuk gaji tertinggi di PT Bank Mandiri Persero Tbk sendiri ada di posisi Branch Manager mencapai Rp 68 juta hingga Rp 74 juta per satu bulannya.

2.      PT Pertamina Persero

Gaji dan Tunjangan Pegawai BUMN

Sebagai informasi, PT Pertamina Persero juga termasuk bagian dari Badan Usaha Milik Negara yang cukup populer. Besaran gaji dan tunjangan pegawai BUMN PT Pertamina Persero cukup menjadi sorotan publik. Besaran gaji PT Pertamina Persero untuk petugas SPBU berada di kisaran Rp 1.9 juta hingga Rp 5.1 juta per satu bulannya. Sementara itu, untuk pekerja di posisi engineer mempunyai gaji Rp 30 juta hingga Rp 33 juta.

Perlu diketahui, setiap posisi yang berada di PT Pertamina tersebut mempunyai gaji berbeda-beda. Bahkan untuk karyawan di posisi yang semakin tinggi seperti chief supply chain mendapat gaji mulai dari Rp 63.59 juta sampai menyentuh angka Rp 68.97 juta per satu bulannya. Karyawan PT Pertamina yang bekerja sebagai staf administrasi akunting mendapatkan gaji sebesar Rp 5,9 juta.

3.      PT Telkom Indonesia Persero Tbk

Gaji dan Tunjangan Pegawai BUMN

PT Telkom Indonesia memberikan gaji dan tunjangan karyawan BUMN di posisi management trainee dengan besaran yang fantastis, sekitar Rp 7 juta hingga Rp 8 juta untuk setiap bulannya. Untuk posisi staff, gaji yang diterima karyawan di posisi tersebut sebesar Rp 8 juta. Sedangkan karyawan di posisi Senior Manager akan menerima gaji Rp 39 juta sampai menyentuh angka Rp 43 juta per setiap bulannya.

Sekedar informasi, gaji BUMN tertinggi di PT Telkom Indonesia menyentuh angka Rp 88 juta hingga Rp 94 juta per satu bulan. Gaji sebesar itu didapatkan pada karyawan yang bekerja di posisi product manager.

4.      PT PLN

Gaji dan tunjangan pegawai BUMN yang bekerja di PLN juga tergolong fantastis. Bagi karyawan yang bekerja di posisi Information Technology Specialist saja menerima gaji di angka Rp 5,5 juta per satu bulannya. Sementara itu, posisi staf akuntansi di PT PLN mendapatkan gaji Rp 5,9 juta setiap bulannya. Gaji tertinggi yang diterima oleh karyawan PLN adalah Rp 17,7 juta di posisi recruiter.

Baca Juga: 10 Perusahaan BUMN Terbesar di Indonesia dengan Pendapatannya Masing-Masing

Itulah pembahasan seputar gaji dan tunjangan pegawai BUMN yang perlu dipertimbangkan bagi calon pegawai BUMN. Dengan informasi tersebut, Anda bisa mempertimbangkan apakah ingin ikut seleksi karyawan BUMN di setiap tahunnya atau melamar pekerjaan di perusahaan lain.