Bank Mandiri Swasta atau BUMN? Ternyata Ini Jawabannya

Bank Mandiri Swasta atau BUMN

Bank Mandiri Swasta atau BUMN? Ternyata Ini Jawabannya – Di Indonesia, ada beberapa lini usaha yang termasuk milik pemerintah secara resmi. Selain itu, ada juga lini usaha yang merupakan milik swasta di bawah perusahaan atau lainnya. Salah satu lini usaha yang dimaksud adalah bank, seperti Mandiri, BNI, BCA, dan masih banyak lagi. Berbicara tentang bank tersebut, tahukah Anda bank Mandiri swasta atau BUMN? Mengingat Mandiri termasuk bank terbesar dengan jumlah nasabah cukup banyak.

Bank yang ada di Indonesia memiliki peranan penting dan membuatnya banyak digunakan masyarakat. Dengan bank, masyarakat bisa menyimpang uang atau menabung, mengajukan pinjaman, bekerja, ataupun melakukan transaksi lewat layanan yang tersedia. Oleh sebab itu, di Indonesia banyak tersedia bank, baik yang dimiliki pemerintah ataupun pihak swasta demi menunjang semua kebutuhan masyarakat dan lini bisnis.

Jawaban Bank Mandiri Swasta atau BUMN?

Bank Mandiri Swasta atau BUMN

Sebelum membahas lebih lanjut atas pertanyaan bank Mandiri swasta atau BUMN, tidak ada salahnya Anda memahami tentang BUMN terlebih dahulu. BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah usaha berbadan hukum yang mana sebagian besar sahamnya dipegang oleh pemerintah Indonesia. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 113 perusahaan BUMN yang terdiri dari jenis berbeda-beda.

Dari 113 perusahaan BUMN di antaranya terdapat 16 berbentuk Perseroan Terbuka, 14 berbentuk Perum, dan 83 perusahaan BUMN yang termasuk Persero. Dari ratusan perusahaan BUMN di Indonesia, Anda pasti sudah mengenal sedikit di antaranya, seperti lembaga perbankan. Sebagai informasi, lembaga perbankan di Indonesia yang termasuk aset negara umumnya ada empat.

Keempat lembaga tersebut antara lain Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia atau BNI, Bank Tabungan Negara atau BTN, dan Bank Rakyat Indonesia alias BRI. Dari pernyataan itu, bisa diketahui jawaban bank Mandiri swasta atau BUMN, yaitu BUMN. Dengan kata lain, saham bank Mandiri sebagian besar masih dipegang oleh pemerintah Indonesia dan mempunyai peranan penting bagi masyarakat.

Keempat bank BUMN adalah jajaran bank-bank terbesar di Indonesia dan termasuk dalam kategori BUKU IV atau Bank Umum Kegiatan Usaha dengan total kepemilikan aset di atas Rp 30 triliun. Adapun keempat daftar Bank BUMN ini juga sering dikenal sebagai Bank Himbara yang berarti Himpunan Bank Milik Negara. Bank Himbara adalah salah satu bentuk konsolidasi bisnis antara Bank BUMN yang digagas pihak Kementerian BUMN.

Aset Bank Mandiri

Bank Mandiri Swasta atau BUMN

Kini Anda sudah tahu jawaban bank Mandiri swasta atau BUMN, yakni bank BUMN. Ternyata, Bank Mandiri berada di posisi pertama dalam jajaran bank BUMN di Indonesia jika melihat dari nilai asetnya. Terbukti pada kuartal I/2022, Bank Mandiri berhasil mencatatkan jumlah aset menjadi Rp 1,7 triliun. Selain itu, Bank Mandiri juga sukses membukukan laba bersih dengan nilai mencapai Rp 10 triliun.

Laba yang dicatatkan mengartikan pertumbuhan sebesar 70 persen secara tahunan atau year on year. Pencapaian tersebut didorong oleh realisasi kredit yang tumbuh hingga 8,93 persen per tahunan secara konsolidasi mencapai Rp 1.072 triliun. Sudah beroperasi sejak tanggal 2 Oktober 1998, Bank Mandiri yang saat itu merupakan gabungan dari 4 bank pemerintah masih bertahan dan terus beroperasi demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Anak Bank Mandiri Apakah Termasuk BUMN?

Bank Mandiri Swasta atau BUMN

Selain bertanya bank Mandiri swasta atau BUMN, tidak sedikit juga orang yang bertanya tentang BSI. Pasalnya BSI kerap dikaitkan dengan bank Mandiri yang merupakan salah satu bank BUMN. Sebagai informasi, Bank BSI adalah bank syariah hasil gabungan dari tiga bank syariah milik Bank BUMN yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, serta Bank Mandiri Syariah yang menjadi satu nama saja.

Adapun mayoritas saham milik Bank Syariah Indonesia dikuasai oleh Bank Mandiri yang berstatus sebagai bank plat merah. Lantas apakah Bank BSI termasuk swasta atau BUMN? Sederhananya, Bank BSI merupakan anak usaha dari Bank Mandiri yang hadir di unit syariahnya. Bisa dibilang, BSI bukan termasuk bank milik pemerintah atau BUMN secara langsung.

Tetapi, BSI tergolong anak usaha dari bank BUMN, karena Bank Mandiri adalah pihak yang mengendalikan sahamnya. Pemegang saham Bank BSI tak hanya Bank Mandiri yang berstatus bank BUMN. Sebab ada juga pemegang saham lain yaitu Bank BNI dengan jumlah kepemilikan saham mencapai 24.85 persen, saham dari BRI yaitu 17,25 persen, sedangkan sisanya dimiliki publik lewat pasar modal dengan kode emiten yakni BRIS.

Tetapi sejak bulan Mei 2022 lewat sebuah RUPTS, mayoritas pemegang saham BSI setuju untuk memberikan saham dwiwarna kepada pemerintah Indonesia. Dengan begitu, Bank Syariah Indonesia menjadi bank syariah terbesar yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Bank Indonesia BUMN atau Bukan, Ternyata Ini Jawabannya

Demikian jawaban atas pertanyaan apakah bank Mandiri swasta atau BUMN milik pemerintah Indonesia. Dengan pembahasan tersebut, Anda sudah tak perlu bingung tentang status Bank Mandiri yang beroperasi di Indonesia.