Bank Indonesia BUMN atau Bukan, Ternyata Ini Jawabannya

Bank Indonesia BUMN atau Bukan

Bank Indonesia BUMN atau Bukan, Ternyata Ini Jawabannya – Bank Indonesia adalah lembaga keuangan resmi di Indonesia yang mengatur berbagai hal terkait keuangan di Tanah Air. Tidak heran keberadaannya sangat penting dan termasuk lembaga vital di Indonesia. Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengenal lebih dalam tentang Bank Indonesia. Bahkan tidak sedikit orang bertanya, apakah Bank Indonesia termasuk BUMN ataukah bukan?


Pertanyaan ini timbul karena Bank Indonesia mengatur berbagai hal bahkan merilis uang kertas yang digunakan sebagai transaksi resmi di Indonesia. Tak heran jika banyak orang bertanya apakah Bank Indonesia termasuk salah satu BUMN atau tidak. Bagi Anda yang merasa penasaran dengan hal itu tak perlu khawatir. Sebab Anda bisa simak jawaban selengkapnya melalui informasi di bawah ini.


Lembaga Bank Indonesia BUMN atau Bukan?


Apakah Anda pernah bertanya Bank Indonesia BUMN atau bukan? Sebagai informasi, Bank Indonesia bukan bagian dari BUMN di Indonesia. Walaupun begitu, Bank Indonesia termasuk salah satu instansi pemerintah independent dan menjadi satu-satunya bank sentral yang berdiri di Indonesia. Arti dari bank sentral adalah lembaga negara yang memiliki wewenang mengeluarkan alat pembayaran sah dari sebuah negara.


Selain itu, Bank Indonesia juga memiliki wewenang mengatur serta menjaga kelancaran dalam sistem pembayaran, merumuskan sekaligus melaksanakan kebijakan di bidang moneter, mengatur dan mengawasi dunia perbankan, sampai menjalankan fungsinya yakni sebagai lender of the last resort. Karena itu, keberadaan Bank Indonesia dianggap sebagai lembaga yang penting bagi masyarakat Tanah Air.


Karena jawaban atas pertanyaan Bank Indonesia BUMN atau bukan yaitu bukan, lembaga tersebut mempunyai kedudukannya tersendiri. Jika melihat dari sistem ketatanegaraan Republik Indonesia, kedudukan Bank Indonesia sebagai lembaga negara yang bersifat independen dan tak sejajar dengan lembaga tinggi negara lainnya seperti Badan Pemeriksa Keuangan, Dewan Perwakilan Rakyat, maupun Mahkamah Agung.


Kedudukan Bank Indonesia juga tak sama seperti Departemen lantaran kedudukan Bank Indonesia berada di luar pemerintahan. BUMN memang memiliki beberapa bank yang beroperasi sebagaimana mestinya. Namun bank BUMN adalah bank yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki secara resmi oleh pemerintah. Oleh sebab itu, sudah jelas jawaban atas pertanyaan tentang Bank Indonesia apakah termasuk BUMN.


Bank BUMN di Indonesia


Berbicara tentang pertanyaan Bank Indonesia BUMN atau bukan, diketahui bahwa Bank Indonesia atau BI merupakan lembaga independen. Di samping itu, BUMN mempunyai beberapa bank yang masih aktif sampai sekarang, di antaranya:


1.      Bank BRI

Bank Indonesia BUMN atau Bukan


Bank BUMN pertama ada bank BUMN yang menjadi bank milik BUMN terbesar di Indonesia dari segi nasabah dan termasuk bank terbesar di Indonesia kedua jika melihat dari sisi asetnya. Diketahui, aset bank BRI per akhir tahun 2022 tercatat mencapai angka Rp 1.865 triliun. Bank BRI sudah berdiri sejak tahun 1895 silam di Jawa Tengah oleh pribumi yakni Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Sesudah merdeka, pemerintah kemudian mengubah nama bank tersebut menjadi BRI. Lalu di tahun 1960, pemerintah secara resmi meleburkan BKTN dan NHH ke BRI. Saham milik pemerintah di Bank BRI saat ini mencapai 53.19 persen.


2.      Bank BNI

Bank Indonesia BUMN atau Bukan


Setelah mengetahui jawaban Bank Indonesia BUMN atau bukan, Anda juga perlu tahu bahwa Bank BNI juga termasuk dalam bank BUMN. Bank BUMN tersebut pernah menjadi salah satu bank sentral di tahun 1946 sampai 1968 sebelum berganti nama menjadi bank umum. Sementara itu, status bank sentral kemudian digantikan oleh Bank Indonesia sampai sekarang. Bank BNI juga termasuk perusahaan plat merah pertama yang melantai di BEI yaitu di tahun 1996. Untuk saat ini, 60 persen saham bank BNI dimiliki resmi oleh Pemerintah Republik Indonesia, sedangkan 40 persen sisa sahamnya dimiliki oleh masyarakat. Per akhir tahun 2022, aset Bank BNI mencapai Rp 1.029 triliun.


3.      Bank BTN

Bank Indonesia BUMN atau Bukan


Berbicara tentang Bank Indonesia BUMN atau bukan, bank BUMN berikutnya adalah Bank BTN. Sebagai informasi, Bank BTN menjadi bank BUMN yang paling kecil jika dibandingkan dengan bank plat merah lainnya baik dari segi pasar, aset, serta jumlah nasabahnya. Kode emiten bank BTN adalah BBTN dengan jumlah aset Rp 381 triliun. Saat awal berdiri, bank BTN secara khusus ditujukan sebagai pembiayaan perumahan rakyat. Pemerintah menguasai sampai 60 persen saham di dalam bank BTN. Kalau ditelusuri
sejarahnya, Bank BTN berawal dari Postpaarbank di Batavia pada tahun 1897 silam.


4.      Bank Mandiri


Bank Mandiri menjadi bank terbesar di Indonesia dari segi aset yaitu Rp 1.992,6 triliun. Saham yang dikuasai oleh pemerintah di bank dengan logo pita kuning tersebut mencapai 54 persen. Bank Mandiri merupakan hasil merger dari empat bank milik pemerintah di tahun 1999 silam.

Baca Juga: Status Pegawai BUMN Adalah Sebagai? Ini Jawaban dan 2 Keuntungannya


Itulah jawaban atas pertanyaan Bank Indonesia BUMN atau bukan yang menarik untuk
disimak. Kini Anda sudah tak perlu bingung lagi apakah Bank Indonesia termasuk dalam
bank BUMN atau bukan.