Apakah BUMN Termasuk PNS, Simak 5 Perbedaannya

Apakah BUMN Termasuk PNS

Apakah BUMN Termasuk PNS, Simak 5 Perbedaannya – BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang mempunyai beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia. Tidak mengherankan jika banyak orang yang tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai salah satu pekerja di BUMN. Namun tidak sedikit orang yang bertanya apakah BUMN termasuk PNS? Mengingat keduanya merupakan pekerja yang berada di bawah naungan negara secara langsung.

Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di BUMN ataupun PNS, sudahkah mengetahui apakah BUMN termasuk PNS? Pasalnya sebagian besar peserta rekrutmen BUMN 2022 kerap menganggap bahwa BUMN sama seperti PNS. Padahal perlu Anda ketahui, BUMN dan PNS mempunyai perbedaan masing-masing. Bagi Anda yang penasaran dengan BUMN dan PNS bisa simak informasi selengkapnya sebagai berikut.

Jawaban Apakah BUMN Termasuk PNS?

Apakah BUMN Termasuk PNS

Apakah BUMN termasuk PNS? Jika berbicara tentang hal tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa BUMN dan PNS memang sama-sama memberikan pekerjanya penghasilan tetap dan tunjangan per satu bulannya. Karena itu, banyak sekali peserta yang antusias untuk mengikuti tahap rekrutmen BUMN 2023. Namun apakah kerja di BUMN sesudah berhasil lulus proses rekrutmen BUMN 2023 termasuk menjadi seorang PNS?

Jika berbicara tentang apakah BUMN termasuk PNS, maka jawabannya mengacu pada PP No 23 tahun 2022. Hal tersebut berisi informasi tentang pemberhentian, pengangkatan, serta kewajiban karyawan BUMN yang diterapkan berdasarkan perjanjian kerja. Sebagai informasi, karyawan BUMN sejatinya tak tunduk terhadap semua ketentuan kepegawaian maupun seleonisasi jawaban yang berlaku untuk PNS.

Dengan begitu, sudah jelas jawaban dari apakah BUMN termasuk PNS yakni tidak. Selain itu, BUMN dan PNS mempunyai perbedaannya masing-masing. Lantas apa saja perbedaan PNS dan BUMN? Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di BUMN ataupun PNS wajib simak informasinya sebagai berikut.

Baca Juga: 3 Lowongan Kerja Teknik Elektro BUMN Terbaru 2023

1. Nomor Identitas Karyawan BUMN dan PNS

Apakah BUMN Termasuk PNS

Perbedaan pertama yang menjawab pertanyaan apakah BUMN termasuk PNS yaitu perbedaan pada nomor identitas karyawan PNS dan BUMN. Karyawan BUMN mempunyai nomor identitas yang disebut sebagai Nomor Identitas Karyawan atau NIK. Sementara itu, pegawai PNS mempunyai nomor identitasnya sendiri yang disebut sebagai Nomor Identitas Pegawai alias NIP.

2. Gaji Karyawan PNS dan BUMN

Perbedaan berikutnya yakni dari gaji karyawan PNS dan BUMN. Karyawan BUMN umumnya mendapatkan gaji dari keuntungan dalam memasarkan produk layanan yang berupa barang ataupun jasa. Sedangkan, pegawai PNS mendapatkan gaji dari APBD maupun APBN yang dipengaruhi oleh setiap tahun dan membuatnya lebih kecil dibandingkan BUMN. Dari sini sudah jelas jawaban atas pertanyaan apakah BUMN termasuk PNS.

3. Tunjangan Karyawan BUMN dan PNS

Semua karyawan BUMN mendapatkan tunjangan cuti. Apabila mengajukan cuti, mereka justru dibayar yang nominalnya tergantung dari seberapa lama cuti diambil. Sementara itu, PNS mendapatkan tunjangan kinerja bagi  mereka yang bekerja di instansi pemerintah pusat. Selain itu, ada juga TPP atau Tambahan Penghasilan Pegawai untuk PNS yang bekerja di dalam instansi pemerintah daerah.

4. Batas Umur Pensiun BUMN dan PNS

Apakah BUMN Termasuk PNS

Kalau seorang karyawan BUMN diangkat dan menjadi anggota direksi, maka ia menjadi pensiun sebagai karyawan dengan pangkat yang paling tinggi. Selain itu, yang bersangkutan juga mendapat hak pensiun tertinggi terhitung sejak pengangkatan sebagai anggota direksi. Ketentuan batas usia pensiun untuk karyawan BUMN yakni 50 tahun ketika pengangkatan atau setelah diangkat sebagai anggota direksi BUMN sesuai peraturan.

Di sinilah jawaban atas pertanyaan apakah BUMN termasuk PNS lebih jelas. Pasalnya batas umur pensiun PNS berbeda dengan BUMN, yaitu 58 tahun untuk pejabat administrasi, usia 60 tahun bagi kalangan pejabat pimpinan tinggi, serta 65 tahun bagi mereka yang menjabat jabatan fungsional.

5. Jaminan Hari Tua PNS dan BUMN

Jawaban apakah BUMN termasuk PNS yang jelas juga terlihat dari jaminan hari tua PNS dan BUMN. Biasanya karyawan BUMN mendapatkan jaminan hari tua yang berupa pesangon sesuai keputusan direksi perusahaan. Pada umumnya, nominal jaminan hari tua BUMN lebih besar dibandingkan PNS.

Itulah informasi tentang jawaban atas pertanyaan apakah BUMN termasuk PNS atau tidak. Kini Anda bisa menentukan apakah ingin mendaftar sebagai salah satu karyawan BUMN atau menjadi seorang PNS.