Apa Tujuan Didirikan BUMN, Cari Tahu 5 Tujuannya Di Sini

Apa Tujuan Didirikan BUMN

Apa Tujuan Didirikan BUMN, Cari Tahu 5 Tujuannya Di Sini – BUMN adalah salah satu industri kerja yang begitu diminati oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya banyak orang yang menganggap bahwa bekerja di BUMN sudah terjamin baik dari segi penghasilan, gaji, tunjangan, dan masih banyak lagi. Menjadi salah satu pekerjaan yang diimpikan banyak orang, tahukah Anda apa tujuan didirikan BUMN sebenarnya? Mengingat ini menjadi pekerjaan impian dari semua pihak.

Banyak orang yang masih belum tahu apa tujuan didirikan BUMN di Indonesia. Padahal jumlah orang yang berminat mendaftarkan diri menjadi karyawan BUMn semakin meningkat setiap tahunnya. Bagi Anda yang tertarik menjadi salah satu calon pendaftar kerja di BUMN, maka perlu mengetahui apa tujuan didirikannya BUMN. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Anda simak pembahasannya sebagai berikut.

Apa Tujuan Didirikan BUMN Sebenarnya?

Apa Tujuan Didirikan BUMN

Sebelum mengetahui informasi tentang apa tujuan didirikan BUMN, ada baiknya Anda memahami tentang definisi BUMN itu sendiri. BUMN merupakan sebuah lembaga yang diatur dengan UU Nomor 19 tahun 2003. Berdasarkan Undang Undang tersebut bisa disimpulkan bahwa BUMN merupakan perusahaan nirlaba yang mana kisaran 50% lebih modal atau sahamnya dimiliki pemerintah Indonesia.

Lantas apa tujuan didirikan BUMN? Pasalnya modal yang dipakai untuk perusahaan BUMN tersebut berasal dari kapitalisasi cadangan, APBN, serta sumber lainnya. Pada tahun 2021 lalu, ada 95 BUMN yang berasal dari bermacam jenis lapangan usaha. BUMN sendiri dikelola oleh Kementerian BUMN Indonesia. Kementerian tersebut sudah lahir sejak tahun 1973 silam, tetapi baru resmi didirikan tepat tanggal 16 Maret tahun 1998.

Awalnya, kementerian BUMN termasuk unit yang setingkat dengan eselon II. Tetapi, kemudian Kementerian BUMN ditingkatkan setara dengan eselon 1 dan lanjut menjadi tingkatan Kementerian. Seperti yang sudah tertulis dalam UU Nomor 19 tahun 2003, terdapat beberapa maksud serta tujuan didirikannya BUMN. Lalu apa tujuan didirikan BUMN? Anda bisa memperhatikan poin-poin di bawah ini.

1.      Mengejar profit atau keuntungan

2.      Memberi sumbangan untuk perkembangan perekonomian pada umumnya serta penerimaan negara Indonesia pada tujuan khususnya

3.      Menjadi perintis bagi kegiatan usaha yang belum bisa dilakukan oleh swasta dan koperasi

4.      Menciptakan kemanfaatan umum yang berupa penyediaan barang atau jasa dengan mutu tinggi serta memadai demi pemenuhan hajat hidup banyak orang.

5.      Apa tujuan didirikan BUMN lainnya, yakni ikut aktif dalam memberikan bantuan dan bimbingan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, masyarakat, dan koperasi sekalipun.

Dengan beberapa tujuan tersebut, BUMN menjadi pelaku ekonomi yang begitu penting demi kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Baca Juga: 10 BUMN dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Versi Terbaru dan Terupdate

Jenis BUMN di Indonesia

Apa Tujuan Didirikan BUMN

Berdasarkan jawaban atas pertanyaan apa tujuan didirikan BUMN, bisa disimpulkan bahwa ini merupakan hal yang penting dimiliki oleh negara. Rupanya banyak sekali jenis BUMN yang ada di Indonesia dan bisa dibedakan berdasarkan status serta jenis usahanya. Berikut ini ada beberapa jenis-jenis BUMN di Indonesia.

1. PT atau Persero

Perusahaan Perseroan atau Persero adalah BUMN yang dibentuk perseroan terbatas dan modalnya terbagi dalam saham yang semua atau setidaknya 51% dimiliki pemerintah Indonesia. Lalu apa tujuan didirikan BUMN jenis Persero? Ternyata, Persero mempunyai tujuan utama demi mengejar keuntungan serta tunduk terhadap ketentuan dan prinsip sebagaimana yang diatur dalam UU Perseroan Terbatas.

2. Perusahaan Umum atau Perum

Apa Tujuan Didirikan BUMN

Perusahaan Umum atau Perum merupakan BUMN yang semua modalnya dimiliki oleh negara dan tak terbagi atas saham. Apa tujuan didirikan BUMN jenis Perusahaan Umum? Perusahaan tersebut bertujuan untuk kemanfaatan umum seperti penyediaan barang atau jasa yang bermutu tinggi. Tujuan lainnya yaitu mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan milik perusahaan. Pengelola Perum adalah direksi, menteri, dan jajaran pengawas.

Di samping itu, BUMN juga bisa dibagi menjadi beberapa jenis yang berbeda dan tergantung berdasarkan industri usahanya. Berdasarkan website resmi BUMN, sampai saat ini sudah dibentuk 12 klaster BUMN yang keberadaannya dibina oleh dua orang wakil menteri.

Itulah informasi tentang apa tujuan didirikan BUMN yang menjadi pekerjaan impian banyak orang. Anda bisa memahami tentang tujuan didirikannya BUMN agar dapat mengenal perusahaan tersebut lebih lengkap.