3 Alur Rekrutmen Bersama BUMN dan Ketentuannya

Alur Rekrutmen Bersama BUMN

3 Alur Rekrutmen Bersama BUMN dan Ketentuannya – BUMN menjadi salah satu lembaga yang banyak diimpikan calon pekerja di Indonesia. Bukan tanpa sebab, BUMN yang merupakan Badan Usaha Milik Negara menawarkan kesempatan bekerja dengan gaji cukup besar dan berbagai tunjangan. Tidak mengherankan jika ramai orang yang tertarik ikut serta dalam rekrutmen bersama BUMN setiap tahunnya. Bagi Anda yang tertarik juga, maka perlu mengetahui alur rekrutmen bersama BUMN.

Sebagai informasi, program Rekrutmen Bersama BUMN 2023 sudah mulai dibuka pendaftarannya sejak tanggal 11 Mei 2023 lalu. Para pelamar yang tertarik bekerja di perusahaan tersebut harus mencermati setiap alur rekrutmen bersama BUMN. Dengan begitu, para calon pendaftar tidak akan mengalami kegagalan di tahap awal. Untuk informasi alur rekrutmen BUMN bisa simak langsung sebagai berikut.

Bagaimana Alur Rekrutmen Bersama BUMN?

Alur Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka sebanyak 2.700 lowongan pekerjaan di lebih dari 50 perusahaan pelat merah. Lowongan tersebut dibuka dalam program bernama Rekrutmen Bersama BUMN. Pendaftaran program satu ini bisa dilakukan melalui website resminya di www.rekrutmenbersama.ffhcibumn.ic. Agar dapat ikut serta, Anda perlu memperhatikan alur rekrutmen bersama BUMN, persyaratan, dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Walaupun begitu, biasanya jadwal bisa berubah berdasarkan keputusan dari Panitia Rekrutmen dan Seleksi. Dalam hal tersebut, pihak Panitia Rekrutmen dan Seleksi adalah FHCI alias Forum Human Capital Indonesia. Namun pada umumnya alur rekrutmen bersama BUMN setiap tahunnya tidak mengalami perubahan yang berarti. Oleh sebab itu, calon pelamar bisa menjadikan alur rekrutmen BUMN tahun sebelumnya sebagai patoman.

Berikut ini ada informasi lengkap tentang alur rekrutmen bersama BUMN yang bisa Anda perhatikan:

Alur Rekrutmen Bersama BUMN

1. Tahap 1

Untuk alur rekrutmen bersama BUMN tahap pertama, akan diselenggarakan registrasi secara online dan proses seleksi administrasi. Kemudian peserta akan menantikan pengumuman tahap 1 dari registrasi online dan seleksi administrasi selama beberapa minggu setelahnya.

2. Tahap 2

Berikutnya dalam alur rekrutmen bersama BUMN tahap kedua yaitu TKD dan proses Core Values BUMN beberapa hari setelah pengumuman tahap 1. Nantinya diselenggarakan juga pelaksanaan TKD atau Tes Kemampuan Dasar serta Core Values BUMN. Untuk pengumuman tahap kedua akan memperlihatkan peserta lolos TKD dan Core Values BUMN yang sudah dilakukan atau tidak.

3. Tahap 3

Alur rekrutmen bersama BUMN selanjutnya yaitu tahap ketiga. Pada tahapan ini, peserta akan melakukan proses TKB, wawancara, serta MCU. Adapun pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang, Wawancara, serta Medical Check UP akan dilakukan sesuai ketentuan masing-masing BUMN di bidang yang peserta pilih.

Setelah semua alur rekrutmen bersama BUMN diikuti, peserta akan mendapat pengumuman final calon  pegawai BUMN beberapa minggu setelah mengikuti seleksi tahap ketiga. Kemudian peserta juga diharuskan mengikuti program Bela Negara dan Inagurasi setelah dinyatakan lolos seleksi rekrutmen bersama BUMN.

Baca Juga: 10 BUMN dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Versi Terbaru dan Terupdate

4 Ketentuan Melamar BUMN

Alur Rekrutmen Bersama BUMN

Selain alur rekrutmen bersama BUMN, Anda juga perlu mengetahui seperti apa ketentuan mendaftar dan melamar di salah satu instansi BUMN. Untuk tata cara melamarnya sendiri antara lain:

1.      Calon pelamar hanya bisa melamar lewat website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/ dengan mengikuti seluruh petunjuk pendaftaran. Tak ada jalur lain yang dipakai agar bisa mengirim lamaran dan ikut serta dalam alur rekrutmen bersama BUMN setiap tahunnya.

2.      Pelamar harus mempunyai alamat email pribadi serta nomor telepon seluler yang statusnya masih aktif agar bisa mengikuti seluruh proses seleksi. Para pelamar dilarang memakai alamat email milik orang lain atau kantor dalam tahap pendaftaran tersebut.

3.      Tak ada layanan untuk koreksi atau perubahan semua data-data dan dokumen yang sudah dikirim oleh pihak pelamar.

4.      Agar memudahkan registrasi dan mengikuti alur rekrutmen bersama BUMN, harp persiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu seperti KTP, foto wajib, transkrip nilai, SKCK, dokumen pelengkap, dan surat rekomendasi. Sekedar informasi setiap dokumen yang lebih dari satu, maka harus disatukan dalam file dokumen yang sama.

Itulah informasi tentang alur rekrutmen bersama BUMN dan ketentuan yang perlu dipahami oleh calon pelamar. Anda bisa mengikuti alur tersebut agar berpeluang lebih besar menjadi salah satu karyawan BUMN.